Headlines News :
Beranda » , » Diskominfo dan Komunitas Linux Telah Pecahkan Rekor MURI

Diskominfo dan Komunitas Linux Telah Pecahkan Rekor MURI

Ditulis Oleh: Nuhajat pada hari Minggu, 01 April 2012 Pukul. 09.19 WITA.

H Jauhar Efendi

kaltimprov.go.id - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kaltim bersama Komunitas Linux Kota Samarinda dan Balikpapan telah menggelar Pemecahan Rekor MURI untuk instal aplikasi program Linux yang dilakukan sedikitnya 400 orang yang akan digelar untuk meramaikan Kaltim Fair 2012 mendatang .
Kegiatan yang rencananya diselenggarakan serentak berlangsung di Gedung Serbaguna Stadion Madya Sempaja pada Jumat siang (30/3) dan akan diikuti ratusan pelajar, mahasiswa dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim.

"Rekor Nasional untuk aplikasi Linux secara bersama ini pernah dilakukan di Jakarta diikuti lebih dari 300 orang. Diharapkan di Kaltim akan diikuti lebih dari 400 orang yang secara bersama menginstal aplikasi Linux di komputer pribadi dan instansi," jelas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, H Jauhar Efendi, Senin (19/3).

Dijelaskan, pemasyarakatan sistem operasi Linux ini sejalan dengan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo yaitu Program Indonesia Go Open Source (IGOS). Program Linux adalah sistem operasi dan aplikasi komputer yang berbasis "open source." Artinya, dalam program Linux setiap program dapat diaplikasikan dengan gratis tidak berbayar seperti program-program lain, misalnya Windows dengan berbagai varian aplikasinya yang harus dibayar oleh setiap pengguna.
"Operasi Linux memang belum familiar di masyarakat, untuk itu sesuai dengan Program Pemerintah melalui IGOS tadi, kita akan mengenalkannya lebih luas dengan Pemecahan Rekor MURI ini," ujarnya.

Keuntungan lainnya adalah program Linuk lebih aman dari serangan virus walaupun pengguna sering memasukkan flashdisc yang berasal dari computer lain. Linux juga andal dalam pengoperasian serta dapat diaplikasikan pada segala jenis komputer.
Didampingi Kepala Bidang Teknologi Informasi, Akhmad Mulyadi, dijelaskan sebelum pemecahan Rekor MURI ini, pada pagi harinya diadakan seminar tentang keuntungan dan keunggulan program Linux dibandingkan sistem operasi lainnya.

Diharapkan, komunitas dan masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam aplikasi Linux ini dapat menghubungi panitia untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut.
Diharapkan sehari sebelum pelaksanaan, seluruh peserta pemecahan Rekor MURI, mendapatkan pengarahan dari panitia tentang cara dan mekanisme pemecahan rekor yang pertama kali di laksanakan di Kaltim.
"Inti dari kegiatan ini adalah bagaimana mensosialisasikan program Linux pada masyarakat dengan segala manfaat dan kelebihan yang dimiliki," harapnya.(yul/hmsprov).

Share artikel ini :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Selamat Datang


Total Kunjungan

 
Support : Peserta | My Blog | My Facebook
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. e-Government Kalimantan Timur - All Rights Reserved
Follow:
Template Kreasi Nuhajat Peserta Lomba Blogger